Hallo gaes! Saya siska disini saya ingin memberitahukan
bagaimana caranya belajar jualan melalui media internet. Buat kalian yang ingin
belajar cara berjualan di meda internet kalian harus bisa mengenal dulu
bagaimana caranya berjualan melalui media internet.
Banyak kisah sukses orang berjualan di facebook dengan
pendapatan perbulannya hingga belasan juta bahkan puluhan juta rupiah membuat
kita bertanya tanga apakah rahasianya, kok bisa ya seperti itu?
Facebook sekarang ini telah menjadi salah satu tools marketing
yang penting bagi para penggiat bisnis online.
Disini kita akan membahas beberapa cara yang dapat anda segera
lakukan untuk mendapatkan penjualan di facebook dan jika dilakukan secara rutin
kedepannya maka akan dipastikan barang-barang anda akan laris!
Kami
akan membagi menjadi beberapa point penting yaitu :
1.
Persiapan
Akun
2.
Persiapan
Produk
3.
Analisa
4.
Promosi
5.
Evaluasi
Yuk
sekarang mari kita bahas semuanya satu persatu secara jelas Cara Jualan Online
di Facebook yang Pasti Laris.
1.
Persiapkan Akun
Modal pertama yang pastinya anda harus punya adalah sebuah
akun facebook. Akun disini diharuskan sebuah akun fanpage agar terlihat lebih professional
dan bukan sebuah akun pribadi. Sehingga nantinya akan mudah dilakukan sebuah
promosi yang akan ditunjukan kea kun ini (akan dibahas di point-point
selanjutnya).
Hal ini yang paling utama, pastikan informasi tentang bisnis
anda tertera dengan jelas, berikut informasi yang harus ada.
1.
Kontak yang dapat dihubungi
2.
Alamat
3.
Penjelasan bisnis anda
4.
Syarat dan Ketentuan
5.
Cara pemesanan
6.
Foto profil yang jelas
7.
Banner yang jelas
2. Persiapan
Produk
Produk anada harus berkualitas, bayangkan jika anda menjadi
seorang customer yang sedang mencari alat olahraga, apa anda ingin barang yanga
anda beli jelek? Baru sehari pemakaian langsung rusak? Tentu semua orang tidak
ingin hal ini terjadi.
Jadi barang yang harus anda jual ataupun jasa yang anda
berikan haruslah berkualitas baik dari segi pelayanan, produknya, packaging,
dan lainnya. sehingga ini menjadi sebuah kelebihan utama dibandingkan para
kompetitor anda.
Gambar dan Informasi produk
ini yang sering dilupakan penjual, saking malasnya foto yang
digunakan blur, terkadang yang parah malah mengambil dari google. para pembeli
jika mendapati hal seperti ini pastinya akan merasa barang anda adalah palsu
dan jelek.
Jadi berikan foto dengan kualitas yang bagus, beri border
khas toko anda jika memungkinkan.
Kita ambil contoh dari marketplace tokopedia, gambar yang
sedikit berbeda dan lebih bagus akan menjadi sorotan pertama para pembeli.
Kira kira produk mana yang pertama kali anda lihat? sudah
mendapat kesimpulan foto produk yang baik?
·
Manajemen produk
Jangan sampai barang yang anda pajang di katalog anda
ternyata kosong atau habis, ini menimbulkan rasa kecewa terhadap penjual. Bisa
saja barang yang kosong tersebut adalah barang yang benar benar sedang dicari
oleh sang pembeli.
Berikan beberapa kategori yang jelas (dapat berupa penamaan
di album foto), sehingga pembeli tidak pusing dalam mempelajari barang dagangan
anda. Beri tau produk mana yang terlaris dan promo. Ini akan memberikan
experience yang baik terhadap pembeli.
3. Analisa
Wajib dilakukan jika barang yang anda jual sudah sangat
banyak penjualnya, apa yang membedakan anda dari yang lain? Kenapa orang yang
menjual barang yang sama dengan anda bisa mendapat pembeli sedangkan anda
tidak?
Pelajari bagaimana cara mereka melakukan aktivitas di
fanpage nya, bagaimana pelayanannya, apa yang mereka tawarkan.
Kumpulkan data-data tersebut, semakin banyak kelebihan dan
kekurangan dari tiap kompetitor makin baik.
Ambil semua kelebihan mereka sehingga anda menjadi yang
terbaik.
Jangan lupa pelajari post seperti apa yang paling banyak
mendapatkan tanggapan, post bagaiamana yang mendapatkan like terbanyak
·
Pelajari Target Pasar
Analisa siapa target anda, sebagai contoh anda menjual
produk hijab untuk kalangan anak muda umur 17-30 tahun.
Sesuaikan konten dari segi bahasa dan desain yang
disampaikan ke mereka, buat bahasa yang tidak terlalu formal, santai, dan asik.
Sesuaikan juga kapan waktu anda yang paling baik untuk
melakukan posting sesuai target pasar anda.
Sebagai contoh secara umum, waktu terbaik untuk posting
adalah jam 9 pagi sampai 7 malam dan waktu terbaiknya adalah jam 1 siang sampai
3 siang. Saat itu kita tahu orang yang sedang bekerja sudah mulai tidak efektif
karena istirahat makan siang dan lebih banyak membuka sosial media.
4. Promosi
Sekarang kita baru masuk ke intinya, bagaimana caranya
fanpage anda ditemukan oleh jutaan orang diluar sana yang aktif facebook setiap
harinya.
·
Content Marketing
Berikan posting yang bermanfaat, jangan selalu jualan produk
saja. Karena kebanyakan orang mencari sesuatu itu terhadap permasalahan mereka,
bukan langsung produk apa yang menjadi solusinya.
Kita ambil sebagai contoh:
Eko sering terkena penyakit maag, sehingga apa yang dia cari
adalah cara menanggulangi penyakit maag, penyebabnya, dan solusinya.
Nah solusi (produk anda) itu baru muncul di akhir, bukan
diawal. Jadi pastikan content yang anda berikan adalah memberikan informasi
yang berguna terhadap suatu permasalahan yang produk anda lah yang menjadi
solusi terbaiknya.
Kita ambil contoh lain. Anda memiliki toko komputer.
Berikan content-content seperti:
cara merawat komputer yang
jarang diketahui orang orang
beberapa permasalah
komputer yang pasti anda jumpai serta solusinya
cara membeli komponen
komputer agar tidak tertipu.
Jual komponen, pc built up,
laptop, dan aksesoris asli dan bergaransi resmi.
Kita dapat lihat judul pertama dan kedua merupakan content
umum yang siapa saja bisa membacanya, termasuk orang-orang yang belum mempunyai
masalah dengan komputernya.
Judul ketiga sudah mulai spesifik ke permasalahan terhadap
orang awam yang tidak begitu mengerti, disini anda bisa memberikan tips
bagaimana caranya membeli komponen komputer agar tidak tertipu.
dan yang terakhir baru masuk ke pejualan.
- Posting Grup yang Berhubungan
Cari grup yang sesuai dengan bisnis anda, tapi cari grup
yang masih bersih.
Bersih disini artinya grup tersebut tidak rusak dengan spam
dan postingan tak berguna lainnya. Cari yang masih aman dan bersih, biasanya
grup ini ketat peraturannya, tapi tidak mengapa ikuti aturan mainnya di setiap
grup.
Pasrtisipasi aktif di grup tersebut, ikut memberikan solusi
jika ada member yang bertanya. Tapi ingat, solusinya yang anda berikan JANGAN
MENGARAH KE PENJUALAN PRODUK ANDA.
Berikan solusi yang baik, berikan beberapa opsional solusi,
misal ada yang bertanya dimana market place yang bagus, anda dapat menjawab
beberapa seperti tokopedia, bukalapak, dan lainnya. Berikan kekurangan dan
kelebihan didalamnya.
Setelah anda mendapat kepercayaan yang dirasa cukup baru
masuk soft selling. Baiknya perbandingan antara jualan dan partisipasi aktif
sekita 1:4 sampai 1:5.
Semakin banyak grup yang anda bergabung didalamnya semakin
bagus.
- Facebook Ads
Harusnya jika anda ingin berjualan online pastinya anda
mempunyai modal untuk promosi, tidak perlu banyak. 250rb – 1jt sudah cukup
untuk diawal.
Anda atur budget iklan sesuai dengan kebutuhan. Target
konsumen yang sesuai dengan produk yang anda jual.
“Faktanya semakin lama iklan anda
berjalan semakin bagus iklan itu bekerja”
kenapa? karena di iklan pertama facebook masih mempelajari
orang seperti apa yang tertarik dengan iklan anda. Jadi jangan terlalu berharap
iklan anda dapat memberikan penjualan yang fantastis pada percobaan pertama.
Bukan
omong kosong jika facebook ads masih menjadi pilihan utama bagi para penjual
online, bahkan salah satu rekan kami mengalokasikan
budget iklan 30jt-50jt dalam sebulan.
5.
Evaluasi
Hal yang utama agar penjualan anda semakin
meningkat setiap bulannya adalah evaluasi.
Pelajari kenapa produk A lebih banyak
terjual dibanding yang lain, apa yang membedakan? Atur kembali strategi konten
yang anda berikan agar penjualan lebih maksimal.
Jangan lupa review kembali produk-produk
anda, mana yang stok nya habis, mana yang menjadi produk terlaris, atur ulang
kembali sesuai dengan kebutuhan anda.
Evaluasi ini penting, sehingga anda bisa
membuat target baru setiap bulannya.
Komentar
Posting Komentar